Masa siksaan berat dan mesias palsu, masa akhir zaman yang mengerikan!

Masa siksaan berat dan mesias palsu - Akan datang masanya sebuah penyiksaan berat dan dahsyat yang belum pernah terjadi serta munculnya mesias-mesias palsu sebagai tanda dari akhir zaman. Apabila ada orang-orang yang mengatakan bahwa Mesias ada di padang gurun atau Mesias ada disini, janganlah kamu percaya. 


Tuhan Yesus terlebih dahulu menjelaskan serta memberitahukan bahwa akan muncul seorang pembinasa yang keji dan berdiri ditempat kudus, dia akan menyiksa dan membunuh orang-orang percaya dengan kejam. Celakah ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui, karena masa itu adalah masa yang paling sulit sekali (Mat. 24:15-28).

Siksaan dan munculnya mesias palsu

Bacaan firman: Matius 24:15-28.

Berbicara tentang akhir zaman merupakan topik yang sangat menarik dan sekaligus menakutkan, karena kehidupan di dunia akan segera berakhir. Bagi orang-orang atheis dan tidak mempercayai adanya Tuhan, sorga dan negara; maka akhir zaman mungkin hanya sebuah lelucon saja.

Namun hal ini tidaklah demikian bagi orang-orang Kristen; Alkitab menjelaskan bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara, karena kehidupan yang sebenarnya adalah di sorga. Masa siksaan berat dan mesias palsu menjadi tanda penting mengenai masa-masa akhir zaman.

Ad banyak contoh-contoh di dalam Alkitab yang menyerukan dan mengajak umat untuk setia dan taat kepada Allah; jika mereka melakukan perbuatan dosa maka harus mengakui dosa-dosanya dan meminta ampun kepada Allah. 

Tujuannya adalah supaya mereka mendapatkan tempat dan bagian dalam kehidupan yang kekal, yaitu kehidupan di sorga bersama Tuhan Yesus Kristus. Kehidupan Adam dan Hawa di Taman Eden adalah contoh bagaimana kehidupan yang sebenarnya adalah bergaul arif bersama Allah.

Kitab Matius 24:15-28 menjelaskan dan juga memperjelas dari berbagai ajaran nabi dan rasul mengenai keadaan akhir zaman;  tanda-tanda yang mengawalinya serta kehidupan di dunia ini akan berakhir. 

Kita akan mempelajari dan memahami apa maksud pengajaran Tuhan Yesus yang menyampaikan berita mengenai masa siksaan yang berat dan munculnya Mesias-mesias palsu yang menyesatkan. Mengapa hal ini harus disampaikan sejak awal?

Munculnya pembinasa keji

Alkitab tidak menjelaskan secara detail mengenai masa siksaan berat dan mesias palsu; Penyiksaan yang berat akan terjadi apabila muncul seorang Pembinasa yang keji; siapakah pembinasa yang keji ini? Matius 24:15 memang tidak menjelaskan secara detail siapa sang pembinasa keji ini, dia sangat jahat dan melawan orang-orang benar.

Pembinasa yang keji menggunakan kata  Yunani bdelugma (bdel'-oog-mah) yang berarti "pembinasaan" dan eremosis (er-ay'-mo-sis) yang berarti "yang membuat sunyi atau sepi." Alkitab terjemahan LAI mengartikan "apabila kamu melihat Pembinasa keji," Pembinasa ini mengacu subjek atau kepada oknum dan pelaku dari pembinasa itu.

Sedangkan King James version dan New American Standart Bible menterjemahkan dengan kata "abomination of desolation" yang berarti pembinasaan yang keji. Memang ada perbedaan antara Pembinasa dan pembinasaan. 

Dalam hal ini kita tidak sedang memperdebatkan sebuah terjemahan, tetapi apabila dikalimatkan di dalam Matius 24:15 dengan kalimat "apabil kamu melihat pembinasaan yang keji" maka kita tidak fokus kepada oknum atau pelaku dari pembinasa itu yang diterjemahkan oleh LAI. 

Dalam hal ini maka ada sedikit kesulitan; namun hal ini bukanlah inti dari masalahnya. Berita yang disampaikan adalah akan ada waktu dan masa pembinasan yang keji terjadi di tengah-tengah jemaat seperti yang pernah disampaikan oleh Daniel, sehingg kita sebagai pembaca harus benar-benar memperhatikan dengan seksama.

Kata yunani bdelugma berhubungan dengan hal-hal yang kotor dan menjijikan, yaitu berkaitan dengan berhala atau penyembahan berhala. Sehingga dapat dipastikan bahwa orang-orang yang melakukan pembinasaan yang keji adalah orang-orang yang melawan Allah dan pemyembah-penyembah berhala.

Mereka dikuasai dan hidup dengan penuh kekejian dan hawa nafsu, mereka akan memusuhi jemaat dan umat Allah. Mereka tidak mengenal kebenaran, karena mereka berasal dari si jahat. Oleh sebab itu, orang percaya harus berdoa supaya dapat bebas dan melarikan diri dari pembinasaan keji itu (ay. 20).

Tuhan Yesus memberikan penegasan bahwa pada masa itu akan terjadi penyiksaan yang berat dan dahsyat dan belum pernah terjadi sejak dunia diciptakan hingga sampai sekarang ini; peristiwa ini tidak akan pernah terjadi lagi. 

Apabila mendengar perkataan Yesus mengenai hal ini, maka betapa mengerikan masa siksaan berat itu. Apabila waktunya tidak dipersingkat, maka dipastikan bahwa tidak ada yang akan selamat dari peristiwa itu (ay. 22). 

Namun Tuhan Yesus juga memberikan sebuah penghiburan, karena melalui orang-orang pilihan, maka waktunya menjadi dipersingkat.

Munculnya Mesias-mesias Palsu

Masa-masa akhir zaman yang mengerikan itu juga ditandai degan munculnya mesias-mesias palsu; mereka akan menyesatkan banyak orang dengan rupa-rupa pengajaran dan juga tanda-tanda mukjizat.

Apabila ada yang mengatakan mesias ada di sana atau di sini, maka janganlah kamu percaya kepada berita atau informasi itu. Alkitab telah menyampaikan terlebih dahulu mengenai hal ini di dalam Matius 24:23-24. 

Mesias-mesias dan nabi-nabi palsu itu akan melakukan banyak tanda dan juga mujizat-mujizat, sehinga dimungkinkan mereka juga meyesatkan orang-orang percaya. Tuhan Yesus sudah menyampaikan ini secara jelas, sesuai dengan  ayat 25; bahwa Yesus sudah mengatakan terlebih dulu kepada kamu.

Oleh sebab itu, gereja dan pemimpin-pemimpin Kristen harus memberikan pengajaran-penagajaran yang benar, supaya jemaat tidak mudah disesatkan oleh nabi dan juga mesias palsu. 

Pada masa sekarang ini, berbagai ajaran yang menyimpang sudah sangat-sangat nyata muncul disekitar kita. Ada banyak pengajaran yang sudah memutar-balikan kebenaran firman Allah di dalam Alkitab, sehingga tanda-tanda nabi palsu, guru-guru palsu dan juga mesias-mesias palsu sudah sangat nyata.

Orang-orang percaya haruslah berjaga-jaga dan waspada, karena waktunya sudah dekat. Ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tahu kapan Tuhan Yesus datang, bahkan malaikat pun juga tidak tahu. Seperti kilat memancar terang dari sebelah timur dan melontarkan cahaya ke barat, demikianlah Anak Manusia akan datang.

Masa siksaan berat dan mesias palsu menjelang masa akhir zaman memang sangat-sangat mengerikan sekali; berbahagilah orang-orang yang masih setia dan bertekun dalam kebenaran, karena upahmu besar di sorga. 

Bagi orang-orang yang hidup dengan hawa nafsu dan menolak kebenaran, maka celakah dia; karena akan ada masanya orang-orang dursila dan jahat akan mendapatkan pembalasan yang setimpal dari Allah. Baca juga tanda-tanda akhir zaman menurut Alkitab.

Kiranya Roh Kudus selalu memimpin dan membimbing kita kepada jalan-jalan kebenaran dan membawa kita hidup lebih dekat kepada Tuhan, amin!

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url